Senin, 28 April 2008

angket sederhana sebagai self assesment

LIMA KARAKTER GURU TERBAIK MENURUT SAYA

Memotivasi

Pintar dalam artian seorang guru itu harus mengetahui bagaimana dan sampai dimana kemampuan anak didik itu

Kreatif dalam artian jika seorang guru itu tidak kreatif maka bukan tidak mungkin seorang murid akan merasa bosan dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut

Sabar dan iklas artinya jika kita menjadi seorang guru maka kita harus memiliki kedua ilmu tersebut karena tanpa ilmu sabar dan iklas menjadi seorang guru itu tidaklah mudah karena didalam belajar mengajar interaksi antara guru dan muurid sangatlah diperlukan situasi yang harmonis.

Memiliki pengetahaun yang luas.

Cerdas

Lima karakter Guru Terburuk Menurut saya

  • Tidak Bersosialisasi : Tidak adanya komunikasi terhadap siswa dan orang lain.
  • Otoriter : Tidak senang dengan guru yang otoriter memberikan tugas semaunya tanpa melihat kemampuan siswa.
  • Tidak bertanggung jawab : Guru tidak perduli dengan siswa apakah siswa tersebut dapat mengerti atau tidak atas apa yang telah disampaikan.
  • Tidak Disiplin : Semaunya dalam mengajar tidak ada informasi bila guru berhalangan hadir, datang dan pulang tidak tepat waktu.
  • Tidak Profesional : Guru yang yang tdak profesional akan menjadikan salah dalam memahami sesuatu karena ketidak mampuannya dalam menguasai materi.

psikologi pendidikan

Psikologi Pendidikan

A. Pengertian

1. Psikologi

Adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan yang dapat dilihat melalui tingkah laku.

2. Pendidikan menurut para ahli

a. Menurut Jhon Dewey

Adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual, emosional ke arah alam manusia.

  • Ruseu

Adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi dibutuhkan waktu dewasa.

c. Menurut Riarkara

Adalah kemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke arah insani.

d. Menurut Ahmad Manimba

Adalah bimbingan, atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

· Psikologi Pendidikan

Adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku-tingkah laku yang terjadi dalam proses pendidikan.

Faktor-faktor Pendidikan

Menurut Sutari Imam Barnadib, ada 4 macam :

a. Tujuan yang hendak dicapai

b. Subjek (pendidik dan anak didik yang melakukan pendidikan)

c. Lingkungan

d. Alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan.

· Tujuan Pendidikan Nasional dalam UU No. 2, adalah :

“ Mencerdaskan pendidikan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi luhur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki keterampilan, pengetahuan, kesehatan dan memenuhi rasa tanggung jawab ke masyarakat dan kebangsaan serta membentuk manusia Indonesia yang Pancasilais Utuh (Paripurna)”.

· Tujuan dan peran lembaga pendidikan

1. Lembaga pendidikan keluarga berfungsi :

a. Pengalaman pertama pada kanak-kanak

b. Menjamin kehidupan emosional

c. Menanamkan dasar-dasar pendidikan dan moral

d. Meletakkan dasar-dasar keagamaan.

2. Lembaga pendidikan sekolah berfungsi :

a. Diselenggarakan secara khusus dan dibagi atas jenjang yang memiliki hubungan hirarkis.

b. Usia anak didik di suatu jenjang pendidikan suatu relatif homogen.

c. Waktu pendidikan relatif lama sesuai dengan program pendidikan yang harus disesuaikan.

d. Materi/visi pendidikan lebih banyak bersifat akademis/umum.

e. Adanya penekanan tentang kualitas pendidikan sebagai jawatan terhadap kebutuhan yang akan datang.

3. Lembaga pendidikan masyarakat:

a. Diselenggarakan dengan sengaja di sekolah

b. Peserta umum, mereka yang tidak sekolah

c. Tidak mengenal jenjang dan program pendidikan jangka waktu tertentu.

d. Peserta tidak perlu homogen

e. Ada waktu belajar dan metode formal melalui yang sistematis

f. Isi pendidikan bersifat praktis dan khusus

g. Keterampilan kerja sangat diketatkan sebagai jawaban terhadap kebutuhan peningkatan tarap hidup.

Teori Maslow

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow / Abraham Maslow - Ilmu Ekonomi

Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dari yang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi.

Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.

Lima (5) kebutuhan dasar Maslow - disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak terlalu krusial :

1. Kebutuhan Fisiologis
Contohnya adalah : Sandang / pakaian, pangan / makanan, papan / rumah, dan kebutuhan biologis seperti buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Keamanan dan Keselamatan
Contoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari teror, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan Sosial
Misalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.

4. Kebutuhan Penghargaan
Contoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.

5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Adalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.

organisasi.org/teori_hierarki_kebutuhan_maslow_abraham_maslow_ilmu_ekonomi - 12k

pengertian

macam-macam pengertian

  • Menurut Kenneth E. Anderson, perhatian adalah proses mental ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran, pada saat stimuli lainnya melemah. Secara sederhana, perhatian terjadi ketika kita benar-benar berkonsentrasi dalam menggunakan salah satu alat indera kita. Ocntohnya, ketika kita mendenganrkan ceramah seseorang, maka telinga kita benar-benar fokus berusahauntuk mendengarkan dengan sebaik-baiknya.
  • Pengamatan adalah aktivitas yang dilakukan makhluk cerdas, dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya.
  • Fantasi adalah yang berhubungan dengan khayalan atau dengan sesuatu yang tidak benar-benar ada dan hanya ada dalam benak atau pikiran saja. Kata lain untuk fantasi adalah imajinasi.

o Ingatan merupakan proses kebolehan manusia untuk menerima maklumat, mempros menyimpanya dalam otak, kemudian mengeluarkannya ketika perlu.

o Menurut Drs. M. Ngalim, Mp (1990 : 43), berpikir adalah suatu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Menurut psikologi Gestalt, berpikir merupakan keaktifan psikis yang abstrak, yang prosesnya tidak dapat kita amati dengan alat indra kita.

o Perasaan adalah rasa-rasa yang terletak di hati nurani insan.Perasaan-perasaan itu seperti rasa kasih, rasa cinta, rasa benci, rasa jijik, rasa simpati, rasa marah, rasa dendam, rasa rindu, rasa malu, rasa megah, rasa sombong, rasa takut, rasa serba salah, rasa kecewa, dll.

o Motif adalah sesuatu dorongan yang ada dalam diri seseorang untuk berbuat sesuatu, baik berupa gerakan maupun ucapan.

sumber : www.google.com

Macam-macam Penyakit Hati dan Solusinya

PERTANYAAN TUGAS PERTAMA:

Tuliskan tiga istilah PENYAKIT HATI yang Anda ketahui, dan berikan TIPS solusinya untuk survive dari BISIKAN SETAN!!

3 jenis penyakit hati antara lain:

1. Dengki

Dengki merupakan salah satu penyakit hati yang mesti dihindari. Dari banyak referensi, dituliskan bahwa dengki merujuk kepada kebencian dan kemarahan yang timbul akibat perasaan cemburu atau iri hati yang amat sangat. Ia amat dekat (berhubungan) dengan unsur jahat, tidak berkenan, benci dan perasaan dendam yang terpendam.

Ada juga yang mendefinisikan dengki sebagai suatu perbuatan atau tindakan hati yang tidak senang melihat kesenangan (nikmat) orang lain serta berharap agar kesenangan (nikmat) orang lain akan hilang atau lenyap atau pun berpindah kepadanya.

Rasululloh SAW bersabda, “Janganlah kalian saling mendengki, saling menfitnah (untuk suatu persaingan yang tidak sehat), saling membenci, saling memusuhi dan jangan pula saling menelikung transaksi orang lain. Jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslimnya yang lain, ia tidak menzhaliminya, tidak mempermalukannya, tidak mendustakannya dan tidak pula melecehkannya. Takwa tempatnya adalah di sini -seraya Nabi SAW menunjuk ke dadanya tiga kali. Telah pantas seseorang disebut melakukan kejahatan, karena ia melecehkan saudara muslimnya. Setiap muslim atas sesama muslim yang lain adalah haram darahnya, hartanya dan kehormatannya. ” (HR. Muslim dari Abu Hurairah ra)

ALLOH SWT berfirman:
“Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai sebuah dari kejahatan makhluk Nya,” kemudian Dia berfirman, “Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (AI Falaq(113): 1, 2 dan 5).

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasululloh SAW bersabda:
Ada tiga hal yang menjadi akar semua dosa. Jagalah dirimu dan waspadalah terhadap ketiganya. Waspadalah terhadap kesombongan, sebab kesombongan telah menjadikan iblis Inenolak bersujud kepada Adam. Waspadalah terhadap kerakusan, sebab kerakusan telah menyebabkan Adam memakan buah dari pohon terlarang. Dan jagalah dirimu dari dengki, sebab dengki telah menyebabkan salah seorang anak Adam membunuh saudaranya.” (HR Ibnu Asakir).

2. Fitnah

Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekkan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.

Fitnah yang menggerogoti aqidah kaum muslimin itu disebabkan jauhnya mereka dari ajaran tauhid yang didakwahkan oleh para Rasul, dan sedikitnya jumlah dai yang menyeru kepada agama tauhid dan memberantas kesyirikan.

Sesungguhnya fitnah ini pula yang pertama kali menimpa ummat manusia di zaman Nabi Nuh ‘alaihi salam. Allah ta’ala mengkhabarkan keadaan mereka: "Nuh berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya mereka telah mendurhakaiku dan telah mengikuti orang-orang yang harta dan anak-anaknya tidak menambah kepadanya melainkan kerugian belaka. Dan mereka melakukan tipu daya yang amat besar.’ Dan mereka berkata: ‘Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) Wadd, dan jangan pula Suwa’, Yaghuts, Ya’uq, dan Nasr.’ Dan sesungguhnya mereka telah menyesatkan kebanyakan manusia." (Nuh: 21-24)

3. Khianat

Khianat adalah sikap tidak bertanggungjawab atau mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya. Khianat biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

Orang-orang yang berlaku khianat : Adalah orang-orang yang berlaku khianat kepada Allah dan Rasul-Nya. Berlaku khianat apabila mereka diberi kepercayaan baik amanah ilmiyah ataukah amanah-amanah lainnya dan lain sebagainya. Mereka menyebarkan rahasia orang lain, mengakui sesuatu dengan dasar kedustaan, berlaku curang dalam setiap interaksi mereka dan dalam setiap perdaganan mereka. Mereka melanggar segala bentuk perjanjian, menyalahi setiap kesepakatan yang telah mereka sepakati, dan mereka mereka menarik kembali setiap janji-jani mereka. Orang-orang yang berlaku khianat adalah orang-orang yang berlaku curang dalam setiap hukum, atau kepada rakyat dan keluarga mereka dan kepada setiap bawahan mereka, Mereka seperti yang tercnatum didalam sebuah hadits :

“ Sesungguhnya sepeninggal kalian akan datang suatu kaum yang mereka berlaku khianat dan tidak dapat dipercaya. Mereka bersaksi namun persaksian mereka tidak dapat dipersaksikan , mereka bernadzar namun tidak menepatinya.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari didalam Kitab asy-Syahadaat, bab. Laa Yasyhad ‘ala Syahadah juurin idzaa Usyhida).

“ Seorang yang berlaku khianat adalah seseorang yang tidak tersembunyi ketamakannya walau itu sekecil apapun kecuali dia akan mengkhianatinya. Dan seseorang yang tidaklah dia menjalani pagi dan sorenya kecuali dia menipu daya engkau pada keluarga dan hartamu “ (Diriwayatkan oleh Muslim didalam Kitab al-Jannah, bab. Ash-Shifat alatii Yu’rafu bihaa fii ad-Dunya Ahla al-Jannah wa Ahlu an-Naar).

Allah ta’ala berfirman :

“ Sesunguhnya Allah tidak mencintai siapa saja yang berlaku khianat lagi pendosa “ (Surah an-Nisa : 107).

Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang disembunyikan oleh hati. (QS Al Mukmin :19)

Nabi Muhammad saw bersabda :

“Tsalaatsun man kunna fiihi fa huwa munaafiqun wa in shaama wa shallaa wa za’ama annahu muslimun:idzaa haddatsa kadzaba wa idzaa wa’ada akhlafa wa idza’tumina khaana”

Artinya : “Tiga perkara, barangsiapa ada pada tiga perkara itu, maka dia itu orang munafiq, walaupun ia berpuasa, mengerjakan sholat dan mendakwakan bahwa ia muslim. Yaitu : apabila berbicara, ia berdusta, apabila berjanji, ia menyalahi janji dan apabila dipercayai, ia berkhianat”

(HR Bukhari-Muslim-dari Abu Hurairah)

Pada umumnya, “Penyakit hati” tidaklah disadari oleh penderitanya. Maka, seringkali “Penyakit hati” ini tak kunjung sembuh bahkan bertambah parah. Mengapa hal ini sering terjadi? Karena kebanyakan dari penderitanya enggan bahkan tidak bersedia untuk mencari tahu tips solusinya dan apa penyebab “Penyakit hati” ini.

Kebanyakan penyebabnya adalah nafsu perasaan yang tak terkendali, pikiran-pikiran negative terhadap apa yang dimiliki maupun diperbuat orang lain, dll. Memang sulit untuk mengobati “Penyakit hati” ini, karena sang penderita harus melawan hawa nafsunya. Terkadang, ia memaksa dirinya untuk bersabar, selalu berfikiran positif. Namun kemudian, semua usaha itu mulai mengendor dan sia-sialah semua itu. Bahkan sang penderita kembali mengulangi perbuatan yang menjadi penyebab penyakit hati. Semua itu karena kelemahan ilmu, kelemahan keyakinan, dan kelemahan ketabahan hati.

PERTANYAAN TUGAS KEDUA:

Berikan uraian singkat tentang cara mengajarkan (metode) solusi untuk survive terhadap satu PENYAKIT HATI (yang belum tercantum pada nomor 1 di atas) kepada peserta didik di sekolah!

Cara mengatasi penyakit hati diantaranya dengan belajar menghinakan diri/hati, lihat asal muasal kejadian kita tercipta dari yang hina sperma kemana-kemana bawa kotoran, terakhir akan menjadi bangkai, yang akan memuliakannya adalah ketaqwaan,dan apa keuntungannya buat kita untuk dengki, takabur dan sebagainya, malah akan menyakitkan hati saudara kita dan hati kita akan terus sakit dan akan kembali kepada dirinya, semua perbuatan akan kembali kepada masing-masing baik maupun buruknya, lihat manfaat madharatnya adakah manfaatnya, banyak harus dikerjakan, malah yang dianjurkan doa kebaik-baikan untuk mereka, diantara penyakit dengki cirinya; senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang, ciri takabur; mementahkan kebenaran dan merendahkan manusia adakah pada diri kita? Penyakit tersebut akan menyedot amal kebaikan yg telah dilakukan.

Selasa, 08 April 2008

KREATIVITAS

Kreatifitas adalah asal kata dari kreatif yang berarti aktif. Kreatifitas itu biasa muncul secara spontanitas atau juga karena kebiasaan. Saya merasa bahwa kreatifitas itu sealur dengan keahlian atau kemampuan yang ada pada diri seseorang.
Kreatifitas Qw:
Ø Kalau aku lagi BT biasanya aku nyanyi-nyanyi sendiri dan menulis apa yang aku rasakan sekarang. Bahkan aku menulis khayalan –khayaln yang tidak ada di dunia nyata. Alhasil tampa aku sadari aku sudah menulis banyak sekali dan bisa aku baca ketika aku sedang tidak kerjakan atau isenk…
Ø Kalau ada waktu luang biasanya aku fariasi kamar aku. Karena aku merasa kalau kamar aku itu adalah tempat dimana aku selalu merasakan suka ataupun duka. Tapi kadang-kadang ayah dan ibuku suka marah-marah juga karena aku tuch anaknya gak pernah merasa puas…. Tapi itu semua gak sia-sia loch karena dengan begitu kamar ku selalu jadi rapih,,, ada manfaatnya kan!!!!
Ø Akutuch anaknya suka isengkan?!!! Tapi kalau yang satu ini aku tuch suka ngumpulin uang-uang yang recehan… maksudnya, aku tuch kalau ada uang recehan mau itu uang yang 500 recah bahkan yang 100 rupiahpun aku tuch pasti ngumpulin. Awalnya aku suka ngumpulin uang recehan itu kerena kalau uku mau pulang kerumahkan aku harus naik bis nach kalau di dalam biss itukan pasti ada pengamen jadi mau gak mau kalau kita gak punya uang yang recehan kita harus ngasih yang ribuan yach sebutlach seribu rupiah. Dengan adanya uang recehan kan kita gak perlu boros-boros dan dan bisa ngasih kebanyak orang. Iyakan??
Ø Udach ujan, macet, jalanan becek, gak ada ojek, kaki lecet…. uucCchhH,,, kayak Cinta Laura aja yachhh….. yach itulah yang kita rasain kalau kita naik angkot dan gak punya kendaraan pribadi…

Senin, 2008 Maret 17

KENANGAN SEMU...


Hidup dizaman yang penuh dengan ilmu teknologi itu tidak selalu menyenangkan. Salah satu contohnya saja tukang becak, dijaman dahulu becak atau andong adalah alat transportasi yang sudah bisa dibilang sangat istimewa. Tapi setelah semakin maju teknologi maka alat transportasi seperti andong dan becak sudah tersingkirkan karena adanya alat transportasi yang lebih canggih dan tidak terlalu lelah, contohnya motor atau ojek. Begitu juga dengan kehidupan. Pada jaman dahulu jika seorang calon ibu ingin melahirkan ia cukup datang saja ke dukun beranak saja. Akan tetapi dijaman yang penuh dengan ilmu teknologi seperti sekarang ini jika seorang ibu ingin melahirkan maka ia harus pergi kerumah sakit atau bidan untuk mengecek kandungan.

Yach itulah hidup kadang sesuatu yang harusnya mudah malah kita persulit. Sebenarnya apa tang saya ceritakan ini sangat lah berkaitan dengan kehidupan pribadi saya. Disaat saya masih duduk di bangku SD saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang guru dan ketika saya duduk di bangku tsanawiyah saya pernah berpikir alangkah terkenalnya saya jika saya menjadi seorang artis yang selalu di sorot oleh kamera. Mungkin hal inilah yang saya contoh dari tontonan masa-masa saat itu, sehingga saya berpikir bahwa sangat indah apabila kita menjadi seseorang yang selalu diperhatikan oleh orang-orang.

Hal ini saya peraktikan didalam kehidupan sehari-hari dimana saya selalu ingin diperhatikan oleh orang-orang yang ada di sampung saya. Ketika saya masih duduk dikelas 2 tsanawiyah saya merasakan sekali saya adalah salah satu murid yang bisa dibilang yang sangat susah untuk diatur. Saat itu usia saya baru memasuki umur 13 tahun, saya sadar saat itu saya memang belum bisa disebut dengan sebutan seorang anak yang sudah dewasa, akan tetapi saat itu saya sangat ingin merasakan sekali bagaimana sich dunia orang dewasa itu ? ? ? ? sangking saya ingin tahu tentang bagaimana kehidupan orang dewasa saya sering menonton acara-acara orang dewasa, salah satu contoh filmnya adalah Ada Apa Dengan Cinta, dll.

Dulu ketika saya masih tsanawiyah saya sering sekali dihukum oleh guru BP, karena berbagai permasalahan yang saya cipkakan sendiri. Salah satu kesalahan yang saya lakukan adalah sering sekali saya datang terlambat padahal saya sudah bikin janji dengan guru BP bahwa saya tidak akan datang terlambat lagi. TruZzzZ seragam sekolah saya juga pernah digunting sama guru BP dan anggota Osis yang lain, karena seragam saya itu bisa dibilang sangat tidak layak untuk dipakai lagi. Bukan saja itu dulu ketika saya masih tsanawiyah saya suka sekali yang namanya dandan (sekarang juga suka sich) he,e.e tapi tidak separah ketika saya masih Mts dulu. Sangkin saya suka dandan , sampai-sampai saya bawa make up setiap sekolah. Hukuman demi hukuman sudah saya rasakan ketika saya masih berada di tsanawiyah dulu. Karena sudah begitu banyak kesalahan-kesalahan yang saya lakukan sampai akhirnya guru BP saya menitipkan surat panggilan terhadap orang tua saya!!!

Sampai akhirnya kesabaran kedua orang tua saya habis dan akhirnya terjadilah konflik keluarga yang saya sendiri yang menyebabkannya. Singkat cerita akhirnya ketika saya sudah mendapat laporan kelullusan akhirnya orang tua saya sudah menyiapkan sekolah yang menurut mereka sangat cocok untuk saya,. Kalian ingin tahu saya dilanjutkan sekolah kemana ?! yuPzZ,,,, saya dilanjutkan sekolah di salah satu pesatren di daerah Jawa yang sering saya sebutan dengan penjara suci.

Sayang saya tidak bisa lama tinggal dipenjara suci itu karena saya kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan saya ini. Akhirnya saya kembali pulang kerumah asal saya dong. Lalu saya kembali melanjutkan sekolah di Madrasah Aliyah Swasta di daerah Bekasi. Disinilah saya mulai menyadari bagaimana hancurnya perasaan seorang ibu ketika melihat anaknya susah diatur, padahal ia sudah berusaha untuk mendidik anaknya agar menjadi anak yang soleh dan solehah. Kini saya sadar bahwa kedewasan itu tidak perlu untuk dicari tapiu kedewasaan itu akan tumbuh didalam jiwa seseorang itu jika orang itu sudah datang.