Senin, 28 April 2008

psikologi pendidikan

Psikologi Pendidikan

A. Pengertian

1. Psikologi

Adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan yang dapat dilihat melalui tingkah laku.

2. Pendidikan menurut para ahli

a. Menurut Jhon Dewey

Adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual, emosional ke arah alam manusia.

  • Ruseu

Adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi dibutuhkan waktu dewasa.

c. Menurut Riarkara

Adalah kemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke arah insani.

d. Menurut Ahmad Manimba

Adalah bimbingan, atau pimpinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.

· Psikologi Pendidikan

Adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku-tingkah laku yang terjadi dalam proses pendidikan.

Faktor-faktor Pendidikan

Menurut Sutari Imam Barnadib, ada 4 macam :

a. Tujuan yang hendak dicapai

b. Subjek (pendidik dan anak didik yang melakukan pendidikan)

c. Lingkungan

d. Alat-alat tertentu untuk mencapai tujuan.

· Tujuan Pendidikan Nasional dalam UU No. 2, adalah :

“ Mencerdaskan pendidikan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi luhur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki keterampilan, pengetahuan, kesehatan dan memenuhi rasa tanggung jawab ke masyarakat dan kebangsaan serta membentuk manusia Indonesia yang Pancasilais Utuh (Paripurna)”.

· Tujuan dan peran lembaga pendidikan

1. Lembaga pendidikan keluarga berfungsi :

a. Pengalaman pertama pada kanak-kanak

b. Menjamin kehidupan emosional

c. Menanamkan dasar-dasar pendidikan dan moral

d. Meletakkan dasar-dasar keagamaan.

2. Lembaga pendidikan sekolah berfungsi :

a. Diselenggarakan secara khusus dan dibagi atas jenjang yang memiliki hubungan hirarkis.

b. Usia anak didik di suatu jenjang pendidikan suatu relatif homogen.

c. Waktu pendidikan relatif lama sesuai dengan program pendidikan yang harus disesuaikan.

d. Materi/visi pendidikan lebih banyak bersifat akademis/umum.

e. Adanya penekanan tentang kualitas pendidikan sebagai jawatan terhadap kebutuhan yang akan datang.

3. Lembaga pendidikan masyarakat:

a. Diselenggarakan dengan sengaja di sekolah

b. Peserta umum, mereka yang tidak sekolah

c. Tidak mengenal jenjang dan program pendidikan jangka waktu tertentu.

d. Peserta tidak perlu homogen

e. Ada waktu belajar dan metode formal melalui yang sistematis

f. Isi pendidikan bersifat praktis dan khusus

g. Keterampilan kerja sangat diketatkan sebagai jawaban terhadap kebutuhan peningkatan tarap hidup.

Tidak ada komentar: